Sabtu, 23 September 2017

10 Model Tempat Tidur Minimalis Jepara

10 MODEL TEMPAT TIDUR MINIMALIS
Tempat tidur merupakan furniture yang sangat penting dalam suatu hunian rumah salah satunya adalah ruang kamar tidur. Ruang kamar tidur merupakan hal yang sangat private, sehingga hal-hal di dalamnya juga harus berisi sesuatu yang istimewa. Salah satunya adalah tempat tidur, tempat tidur merupakan furniture yang amat penting. Selain itu tempat tidur sekarang juga menjadi trend, apalagi tempat tidur dengan desain minimalis. Desain minimalis sekarang menjadi incaran para konsumen yang sedang mencari tempat tidur. Desain minimalis sangat simple sekali di samping itu desain minimalis juga tidak memakan banyak tempat. Jika anda ingin mengetahui banyak tentang info tempat tidur coba anda cari informasi di internet. Sekarang banyak sekali di internet dan media sosial yang memberi informasi tentang tempat tidur  minimalis. Mulai dari bahan sampai dengan finishing yang di gunakan.

Untuk masalah bahan untuk membuat tempat tidur minimalis adalah yang terbaik dari bahan kayu, baik itu kayu jati atau kayu mahoni. Jika pada umumnya kita ketahui pastinya sebuah tempat tidur minimalis terbuat dari bahan dasar kayu. Hal ini sepenuhnya benar hanya saja saat ini terdapat dua jenis kayu pada umumnya yang digunakan dalam pembuatan suatu tempat tidur minimalis yaitu kayu asli dan kayu olahan. Tentunya masing-masing macam tipe kayu bahan dasar tempat tidur ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang sesuai dengan harganya. Saat ini pilihan banyak jatuh kepada kayu olahan sebagai bahan dasar tempat tidur minimalis dikarenakan harganya yang relatif lebih murah daripada kayu asli serta lebih menampilkan kesan minimalis dan moderen. Sekarang banyak sekali toko furniture yang jual tempat tidur dengan bahan kayu asli dan di kombinasi dengan kayu olahan. Berikut ini merupakan beberapa macam jenis tipe kayu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sebuah tempat tidur minimalis :

1. Kayu Solid

Material bahan dasar furniture ini termasuk kedalam jenis kayu asli. Dimana tipe kayu solid merupakan bahan dasar paling kuat dibandingkan bahan dasar kayu olahan. Kayu solid memiliki kelebihan selain lebih kuat yaitu menampilkan serat kayu asli pada furniture. Hanya saja saat ini ketersediaan bahan dasar furniture jenis kayu solid mulai terbatas sehubungan banyaknya mulai penebangan pohon dan sistem tanam yang tidak benar serta perlu waktu yang lama dalam pemeliharannya. Dari segi harga pun kayu solid jauh lebih mahal dari tipe kayu olahan hanya saja kayu solid memiliki kualitas teratas dari bahan dasar kayu olahan. Selain itu kelemahan dari material kayu asli yaitu dapat menciut dalam suhu tertentu. Furniture dengan bahan dasar kayu solid dapat anda jumpai pada peralatan seperti kabinet tv, lemari, meja atau kursi. Umumnya finishing yang digunakan pada bahan dasar kayu solid menggunakan teknik finishing melamine agar serat asli kayu terlihat atau bisa juga pengecatan duco.

2. Plywood / Multiplek

Material bahan dasar furniture ini termasuk kedalam jenis kayu olahan dimana playwood/multiplek merupakan kualitas paling tinggi di kelasnya yaitu kayu olahan. Plywood/multiplek terbuat dari kulit kayu yang ditumpuk berlapis-lapis dan kemudian dipress dengan tekanan yang tinggi sehingga menghasilkan balok yang kuat dan tebal. Bagian luar atau permukaan dari plywood/multiplek biasanya dilapisi kulit kayu jati tidak seperti olahan lainnya yang dilapisi kertas laminasi. Jika dibandingkan dengan kayu olahan lainnya, Plywood/multiplek memiliki kekuatan paling tinggi tetapi lebih rendah dari kayu asli seperti kayu solid. Dengan tekstur lapisan kulit kayu yang dipress rapat membuat plywood/multiplek memiliki daya tahan air yang lebih baik dari kayu olahan lainnya. Dari segi harga tentunya sesuai dengan kualitasnya plywood/multiplek relatif lebih mahal dari kayu olahan lainnya tetapi lebih murah dari bahan dasar kayu asli atau kayu solid. Kelemahan dari Plywood/multiplek memiliki permukaan yang kurang halus atau kasar serta mudah retak. Teknik finishing yang banyak digunakan untuk bahan dasar plywood/multiplek yaitu dengan cara pengecatan cat duco.

3. Blockboard

Material bahan dasar furniture ini termasuk juga kedalam jenis kayu olahan dimana dari segi bentuk dan bahan sangat mirip dengan plywood/multiplek hanya saja bahan yang digunakan dalam membuat Blockboard sedikit beda. Blockboard terbuat dari potongan kayu yang kemudian sama dengan plywood/multiplek dipress dengan tambahan lem perekat atau resin dengan tekanan yang tinggi. Perbedaanya blockboard menggunakan potongan kayu sedangkan plywood/multiplek menggunakan beberapa lapis kulit kayu. Untuk teknik finishing masih sama seperti plywood/multiplek hanya saja dari segi harga blockboard sedikit lebih murah.

4.MDF ( Medium Density Fibreboard )

Material bahan dasar furniture ini juga termasuk kayu olahan dan saat ini paling banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan furniture. MDF atau Medium Density Board terbuat dari serbuk kayu yang halus yang ditambahkan perekat kemudian dipress dengan tekanan tinggi. MDF memiliki harga lebih rendah dari plywood/multiplek. Jika pada plywood masih bisa ditemukan serat kayu sedangkan pada MDF tidak terdapat motif kayu karena terbuat dari serbuk kayu yang sangat halus. Kelemahan pada MDF yaitu ketahanan terhadap air dimana air mudah meresap. Untuk teknik finishing pada bahan dasar furniture MDF sebagian banyak menggunakan finishing pengecatan duco atau laminate.

5. Papan Partikel ( Partikel Board )

Material bahan dasar furniture terkahir ini termasuk juga jenis kayu olahan hanya saja partikel board memiliki kualitas yang paling rendah diantara jenis kayu olahan lainnya. Jika pada MDF terbuat dari serbuk kayu halus sedangkan pada partikel board terbuat dari serbuk kayu kasar dan campuran kepingan kayu yang diberi perekat kemudian di press. Karena terbuat dari serbuk kasar dan kepingan kayu jadi masih terdapat pori-pori kecil didalamnya dibandingkan dengan MDF yang menggunakan serbuk halus sehingga jika terkena air sangat mudah tembus dan mudah keropos serta tidak kuat menahan beban. Tetapi dalam proses pembuatan bahan partikel board sangat mudah dipotong atau dibentuk. Biasanya harga partikel board jauh lebih murah dari kayu olahan lainnya. Furniture yang menggunakan bahan dasar partikel board dapat anda jumpai pada perabotan kantor yang murah range harga 500-1jt. Untuk teknik finishing furniture menggunakan bahan dasar partikel board biasanya menggunakan finishing laminate dengan melapisi permukaan bahan dasar dengan lapisan laminasi ditambah perekat lem untuk menempelkannya.

Itulah beberapa bahan yang biasanya di gunakan untuk tempat tidur minimalis. Dan selanjutnya saya akan memberikan 10 model tempat tidur minimalis yang sedang trend di pasaran mebel jepara.










Itulah beberapa info tempat tidur minimalis dari jepara yang sedang trend di pasaran mebel jepara. Semoga bermanfaat untuk anda dan bisa anda jadikan referensi untuk anda miliki. Pilihlah yang sesuai dengan dekorasi ruang kamar tidur anda.